Selasa, 27 September 2011

contoh silabus ilmu pemerintahan

Jurusan Ilmu Pemerintahan

Kurikulum

Kode

Mata Kuliah

SKS

Sem

UNU 100

UNU 450

UNU 300

UNU 11_

UNU 40_

UNU 500

UNU 121

UNU 120

UNU 330

I. Mata Kuliah Umum (19 SKS)

Pancasila I

Pancasila II

Kewiraan

Agama I

Agama II

Kuliah Kerja Nyata

Ilmu Alamiah Dasar

Ilmu Budaya Dasar

Filsafat Ilmu Pengetahuan

2

2

2

2

2

3

2

2

2

I

II

I+II

I

II

I+II

II

II

II

SPU 100

SPU 101

SPU 102

SPU 103

SPU 105

SPU 111

SPU 112

SPU 123

SPU 114

SPU 124

II. Mata Kuliah Dasar Keahlian (30 SKS)

Pengantar Sosiologi

Pengantar Ilmu Politik

Pengantar Hukum Indonesia

Pengantar Ilmu Ekonomi

Sejarah Sosial Politik Indonesia

Sistem Sosial Indonesia

Sistem Politik Indonesia

Metode Penelitian Sosial

Pengantar Antropoligi Sosial

Dasar-dasar Logika

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

I

I

I

I

I

II

II

II

II

II

SPF426

SPB558

SPF200

SPF230

SPF231

SPF232

SPF240

SPF241

SPF242

SPF245

SPF246

SPF248

SPF252

SPF340

SPF427

SPF430

SPF433

SPF434

SPF440

SPF535

II. Mata Kuliah Keahlian (90 SKS)

1. Mata Kuliah Wajib Jurusan (60 SKS)

Kebijaksanaan Pemerintahan

Metodologi Ilmu Politik

Pengantar Ilmu Pemerintahan

Proses Legislatif di Indonesia

Politik dan Pemerintahan di Desa

Metode Analisis Kuantitatif

Analisa Kekuatan Politik Indonesia

Sistem Pemerintahan Daerah RI

Sistem Pemerintahan RI

Teori Politik Klasik dan Kontemporer

Pembangunan Politik

Filsafat Politik Indonesia

Organisasi dan Manajemen Pemerintahan

Kepemimpinan dalam Pemerintahan

Kapita Selekta Pemerintahan

Sistem Kepartaian dan Pemilu

Teori Pembangunan

Keuangan Negara

Teori Perbandingan Politik

Birokrasi Indonesia

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

II

I

I+II

I

I

II

I

I

II

I

II

II

II

I

II

II

I

I

I

II

SPB248P

SPD473P

SPD529P

SPD223P

SPD243P

SPF353P

SPF353P

SPF360P

SPF361P

SPF362P

SPF363P

SPF410P

SPF529P

SPF556P

SPU557P

2. Mata Kuliah Pilihan Jurusan (27 SKS)

Pemerintahan di Jepang

Perencanaan Penelitian

Sosiologi Politik

Perubahan Sosial dan Dinamika Pemerintahan

Pembangunan Masyarakat Desa

Hukum Tata Negara

Masalah Sosial dan Pembangunan Indonesia

Pemerintahan di Asia Tenggara

Pemerintahan di Amerika Serikat

Pemerintahan di Rusia

Pemerintahan di Eropa

Masalah-masalah Kontemporer

Manajemen Proyek

Perbandingan Pemb. Dalam dan Luar Negeri

Perencanaan Pembangunan

Public Policy Analysis

Negara dan Masyarakat Sipil

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

I

II

II

I

II

II

II

I

II

I

I

I+II

II

I

II

II

I


III. Mata Kuliah Pilihan Umum

Sistem Terbuka diambil dari jurusan lain sebanyak 2 mata kuliah, 6 SKS




IV. Praktikum

Wajib non-SKS



UNU600

V. Skripsi (6 SKS)

Skripsi

6

I+II

SILABUS

SPF 230 - Proses Legislatif di Indonesia

Melalui kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui dan memahami aplikasi atau modifikasi asa trias politika di Indonesia (terutama yang menyangkut legislatif). Kuliah ini berusaha mengkaji perjalanan (proses) lembaga negara (terutama lembaga legislatif) sepanjang sejarah pemerintahan Indonesia, baik yang ada di pusat maupun di daerah. Serta berusaha memahami kekuatan politik yang berperan dalam lembaga legislatif dan faktor-faktor yang mempenagruhi mekanisme kerja lembaga tersebut. Diharapkan mahasiswa mengetahui dan memahami produk perundang-undangan baik di pusat maumoun di daerah. Misalnya UU, PP atau Perda. Juga tentang tata tertib, hak dan kewajiban masing-masing struktur dan kekuatan yang ada dalam lembaga legislatif tersebut. Sehingga mahasiswa memahami secara keseluruhan tentang proses (diatur secara teknis maupun politis) kerja lembaga legislatif sesuai dengan fungsinya.

SPF 232 - Metode Penelitian Kuantitatif

Kuliah ini bertujuan untuk mengantar mahasisawa guna memahami berbagai metode penelitian yang bersifat kuantitatif dan yang digunakan dalam penelitian ilmu sosial, khususnya penelitian bidang politik dan pemerintahan. Karena penelitian dalam bidang politik dan pemerintahan sangat banyak ragamnya, ada yang bersifat deskriptif-analisis, dan ada yang bersifat inferensial dan verifikatif, maka kuliah ini membicaran baik analisa kuantitaif-deskriptif (statistik-deskriptif) maupun analisa kuantitatif-induktif (statistik-induktif). Pemilihan analisa kuantitatif yang mana yang akan digunakan oleh seorang peneliti, sangat tergantung pada skala pengukuran;variabel yang diteliti. Oleh karena itu, tanpa mengecilkan jenis analisa yang lain, maka penekanan kuliah ini adalah menjelaskan konsistensi penggunaan metode skala pengukuran.

SPF 233P - Dinamika Sosial dan Perubahan Pemerintahan

Melalui kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mempelajari dan memahami mengenai kondisi sosial dan cakupan kegiatan pemerintahan, pemerintahan yang primitif, pemerintahan dalam masyarakat agraris-tradisional, dampak revolusi industri terhadap kegiatan pemerintahan, modernisasi dan perubahan pemerintahan serta ruang lingkup kegiatan pemerintahan masyarakat modern dan jenis-jenis pelayanan yang ada di dalamnya.

SPF 240 - Analisa Kekuatan Politik Indonesia

Kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan pada mahasiswa tentang kekuatan politik yang ada di Indonesia. Mahasiswa diajak membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya kekuatan politik dan peran yang dilakukannya dalam sistem politik Indonesia. Posisi masing-masing kekuatan politik dan interaksi antara mereka mendapat sorotan pula dalam kuliah ini. Dalam membahas kuliah ini tercakup pula pembahasan mengenai kekuatan-kekuatan politik yang pernah ada dan berperan dalam sistem politik Indonesia di masa lampau.

SPF241 - Sistem Pemerintahan Daerah RI

Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami secara mendalam dan menyeluruh segala persoalan dan lika-liku penyelenggaraan pemerintahan daerah di daerah di negara Republik Indonesia. Yang akan dibahas antara lain tentang latar belakang sejarah dan perkembangannya, politik penyelenggaraan pemerintahan daerah/ di daerah dari masa ke masa, pertumbuhan, perkembangan serta pergeseran dari struktur dan mekanisme yang satu ke yang lainnya, pelbagai masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah/ di daerah serta prosepeknya di masa yang akan datang.

SPF242 - Sistem Pemerintahan RI

Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengerti dan memahami dinamika penyelenggaraan pemerintah di Indonesia sejak awal kemerdekaan sampai sekarang, disamping memahami mekanisme kerja lembaga-lembaga negara sebagai penyelenggara kekuasaan negara.

SPF243 - Pemerintahan dan Pembangunan Desa

Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami kehidupan masyarakat dan pemerintahan desa. Sejak jaman awal bentuknya sampai datangnya institusi yang lebih tinggi, baik sebelum masa penjajahan maupun Indonesia merdeka sekarang. Disamping itu juga diharapkan agar mahasiswa bisa menyelami berbagai masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan sehingga menimbulkan perhatian untuk ikut memecahkan masalah-masalah tersebut.

SPF245 - Pemikiran Politik Klasik

Kuliah ini bertujuan untuk menghantarkan mahasiswa guna memahami berbagai pemikiran politik, sistem pemerintahan dan berbagai masalah kenegaraan dari para ahli. Pemikiran politik yang dibicarakan adalah mulai dari pemikiran pada masa Yunanu Kuno sampai pada masa pemikiran politik modern, yaitu sejak masa Plato sampai dengan Karl Mark. Dengan memahami berbagai pemikiran tersebut, diharapkan mahasiswa dapat menggunakannya untuk menganalisa gejala politik yang ada pada saat sekarang, dan memahami kontribusi pemikiran-pemikiran politik tersebut pada keadaan saat ini. Memperluas wawasan pengetahuannya terutama sekali pada hal-hal yang dianggap aktual dalam penyelenggaraan pemerintahan di negara Republik Indonesia. Sehubungan dengan itu maka setiap semester akan ditentukan topik-topik pilihan tertentu yang aktual kepada para mahasiswa diwajibkan untuk membuat makalah baik secara kelompok maupun individual yang nantinya diseminarkan dalam kelas.

SPF246 - Pembangunan Politik

Kuliah ini bertujuan untuk menghantarkan mahasiswa guna memahami perubahan politik yang terjadi di berbagai negara baik yang sudah maupun yang sedang berjalan. Dalam kuliah ini berbagai faktor yang iktu berperan dalam proses perubahan tersebut tersebut akan dibicarakan seperti misalnya faktor struktur sosial, ekonomi, dan budaya, serta lingkungan internasional. Pertanyaan yang menarik tentu saja yang menyangkut makna pembangunan politik, apa indikatornya, bagaimana hubungannya dengan pembangunan ekonomi dan lain sebagainya. Modernisasi dan pembangunan politik merupakan kata kunci yang harus dimengerti, oleh karena itu, pada permulaan kuliah hal-hal yang berkaitan dengan kedua aspek tersebut akan dibicarakan.

SPF248 - Filsafat Politik Indonesia

Kuliah ini bertujuan untuk menghantarkan mahasiswa dalam memahami berbagai konsep pemikiran tentang politik negara dan kekuasaan menueurt berbagai aliran yang berkembang dan hidup di Indonesia. Seperti diketahui studi politik Indonesia dewasa ini banyak dilakukan dengan mendasarkan diri pada arus pemikiran yang dilontarkan oleh pengamat-penagamat poltik asing. Pada kenyataannya, harus diakui, bahwa para pengamat asaing itulah yang telah berhasil mengangkat berbagai persoalan politik di Indonesia dari berbagai aspek, menjadi tulisan yang layak dikaji. Namun demikian, tidak sedikit master-master asli Indonesia yang mengupas masalah-masalah politik lengkap dengan dasar-dasr filosofisnya. Juga diharapakan mahasiswa dapat melakukan pengkajian secara kontekstual terhadap pernyataan-pernyataan politik berbagai aliran yang pernah tumbuh berkembang dan kemudian mampu memberikan kontribusi terhadap sistem politik Indonesia dewasa ini.

SPF 252 - Organisasi dan Manajemen

Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar organisasi dan manajemen serta memahami pula perspektif nilai-nilai manajemen. Dijelaskan pula tentang bermacam-macam pendekatan yang dapat digunakan untuk memahami teori-teori organisasi dan manajemen. Dengan penjelasan di atas diharapkan mahasiswa dapat memahami fungsi manajemen keseluruhan. Sehingga mahasiswa yang mengikuti organisasi dan manajemen ini memiliki pengertian yang komprehensif terhadap materi, organisasi dan manajemen.

SPF 340 - Kepemimpinan dalam Organisasi Pemerintahan

Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai wawasan tentang aspek-aspek kepemimpinan sehingga mereka mempunyai persepsi serta sikap yang benar yang menyangkut praktek kepemimpinan.

SPF 353P - Masalah Sosial dalam Pembangunan Indonesia

Kuliah ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman mahasiswa peserta kuliah mengenai beberapa masalah yang timbul dalam proses pembangunan Indonesia.

SPF 360 - Politik Pemerintahan di Asia Tenggara

Kuliah ini bertujuan untuk menambah nuansa pengetahuan mahasiswa jurusan pemerintahan FISIPOL UGM tentang praktek pemerintahan maupun praktek politik yang dilaksanakan di neraga-negara Asia Tenggara. Adanya tambahan nuansa ini memberikan landasan kepada mahasiswa untuk melakukan studi perbandingan dalam usaha pembentukkan satu konsepi tentang bentuk pemerintah yang efektif yang bisa digunakan sesuai dengan kondisi negara masing-masing.

SPF 361P - Politik Pemerintahan Amerika Serikat

Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami latar belakang sejarah Amerika, lahirnya pemerintahan federal (Declaration of Independence)

Konstitusi Amerika, struktur pemerintahan, budaya politik Amerika, demokrasi Amerika, birokrasi di Amerika, kepresidenan dan kongres, peranan partai politik dan kelompok kepentingan.

SPF 410P - Masalah Kontemporer

Kuliah ini bertujuan untuk mengantarkan mahasiswa guna memahami dan melakukan kajian lebih dalam terhadap masalah yang tengah dihadapi masyarakat dan negara (khususnya Indonesia). Dalam kuliah ini berbagai faktor yang ikut berperan terhadap masalah tersebut akan dibicarakan, seperti faktor struktur sosial, ekonomi, budaya, serta faktor lingkungan. Oleh karena kajian lebih mengikuti perkembangan kontemporer dari masalah tersebut, topik-topik yang dibahas disiapkan bersama oleh tim jurusan, dengan partisipasi aktif mahasiswa dalam pembahasannya. Pembahasan menekankan pada pola diskusi kelas.

SPF 426 - Teori Kebijaksanaan Publik

Matakuliah ini bertujuan mengajak mahasiswa memahami ruang lingkup teori kebijaksanaan publik. Pokok-pokok bahasan yang ditelaah meliputi, a.l: Kerangka teori kebijaksanaan publik. Kaitan kebijaksanaan publik dengan ilmu politik dan ilmu administrasi negara; faktor-faktor determinan dalam teori kebijaksanaan publik; kaitan faktor nilai (values) dengan kebijaksanaan publik; siklus kebijaksanaan publik; masalah-masalah dalam kebijaksanaan publik dan beberapa hal lainnya yang relevan.

SPF 427 - Kapita Selekta Pemerintahan

Dalam kuliah ini mahasisawa dituntut untuk memperdalam serta memperluas wawasan pengetahuannya terutama sekali terhadapa hal-hal yang dianggap aktual dalam penyelenggaraan pemerintahan di negara RI. Sehubungan dengan itu, maka setiap semester ditentukan topik-topik pilihan tertentu yang aktual dan kepada para mahasiswa diwajibkan untuk membuat makalah baik secara kelompok maupun untuk individual, yang nantinya diseminarkan dalam kelas.

Tidak ada komentar: